Jumat, 23 juli 2021

MAGELANG, Suara Jelata—Akademi Militer (Akmil) kembali mengukir prestasi di ajang Nasional. Kali ini Taruna Akmil Sersa Mayor Dua Taruna (Sermadatar) Muhammad Irfan No. Ak 2019.028 meraih Juara 1 dalam lomba Karya Tulis IImiah (KTI) Tingkat TNI AD.

Lomba digelar dari tanggal 12 hingga 14 Juli di Madislitbangad (Mako Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat) Secara Virtual. Di lomba yang sama personel Organik Akmil, Letda Caj Darmoko, S. Pd meraih Juara 3.

“Prestasi ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Akmil. Berkat didikan, bimbingan, dan arahan para dosen dan para pendidik di lembaga ini, Alhamdulillah kami memenangi lomba KTI ini,” ungkap Muhammad Irfan, Jumat (23/07/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam ajang tersebut Sermadatar Muhammad Irfan mengupas tentang kendaraan tempur milik TNI AD. Muhammad Irfan mengangkat tema ”Analisis kinerja Panser Anoa APC-3 6×6 dan Panser Tarantula untuk mendukung tugas pokok Kompi Kavaleri”.

Dalam paparannya Sermadatar M. Irfan menguraikan, Panser Anoa 6×6 APC adalah generasi pertama kendaraan tempur dari PT Pindad (Persero) yang memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut. Juga memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, serta dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis.

“Anoa tipe APC memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi. Memiliki top speed 80 km/h pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer,” papar Irfan.

Sementara, Panser Tarantula yang diproduksi Doozan, Korea Selatan. Senjata pokoknya adalah canon cockriel MK III kaliber 90 mm, dan senjata PSU dan coaxial berkaliber 7,62 mm yang merupakan salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru yang dimiliki TNI AD.

“Panser ini ikut memperkuat satuan Kavaleri TNI AD sejak tahun 2013. Keunggulan lainnya adalah pada saat proyektil dilepaskan. Dengan Cockeril 90 milimeter. Senjata ini memiliki jarak tembak maksimum hingga 6.000 meter, dan jarak tembak efektif 1.500 meter,” terang Sermadatar Muhammad Irfan yang juga menjabat Danyonkorpstar Madya ini.