Jumat, 30 Juli 2021

Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran seorang Pahar dalam rangka melaksanakan pemeliharaan rutin Canon 30mm, termasuk memimpin bintara maupun tamtama pemeliharaan pada skadron untuk melaksanakan pemeliharaan berkala dalam rangka kesiapan operasional. Adapun yang dilaksanakan bukan hanya pemeliharaan terhadap Helikopter Mi-35 saja melainkan terhadap senjata Canon 30mm. Perbandingannya adalah bagaimana perkembangan kemampuan anggota setelah dilakukan beberapa upaya yang dilakukan oleh Pahar.

Dalam penelitian ini, proses perbandingan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggali atau membangun suatu proposisi atau menjelaskan kemampuan yang ada sebenarnya. Penelitian ini berdasar pada realita atau peristiwa yang berlangsung di lapangan, bagaimana seorang bintara tamtama melakukan pemeliharaan hariannya dalam rangka kesiapan operasi. Apa yang dihadapi dalam penelitian adalah masalah dalam optimalisasi kemampuan anggota pemeliharaan senjata Canon 30mm.

Pada penelitian ini, peneliti telah mengemukakan ide bagaimana seorang Pahar dapat melakukan beberapa cara dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi dalam melaksanakan pemeliharaan terhadap senjata Canon 30mm, sehingga dari pembahasan inilah dapat diambil kesimpulan bahwa Pahar tentunya dapat melakukan beberapa hal dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota pada pelaksanaan pemeliharaan senjata canon 30mm.

Kata Kunci : Pahar, Anggota Pemeliharaan, Mi-35, Canon 30mm, Skadron-31/Serbu.